Home Informasi Artikel Busi Honda: Part Kecil, Peran Maksimal!

Busi Honda: Part Kecil, Peran Maksimal!

0 194
Busi Honda: Part Kecil, Peran Maksimal!

Banjarmasin, welovehonda.com- Brosis, kalau diibaratkan sebagai manusia, komponen yang namanya busi ini punya sifat yang rendah hati nih! Lho nyambungnya dimana ya? Bisa dilihat dari ukurannya nih. Busi kan kecil, tapi performanya jangan ditanya lagi. Kalau enggak ada yang namanya busi, pastinya motor enggak bisa nyala!

Nah, kenyataannya banyak lho pengendara motor yang menyepelekan keberadaan busi. Rupanya yang kecil dan sedikit tersembunyi ada kalanya bikin orang lupa kalau ada komponen yang satu ini. Padahal, busi adalah komponen yang memegang peranan penting yaitu menghasilkan power mesin, karena mampu memercikan api yang berfungsi membakar campuran bensin dan udara. Jika gas bakar terbakar sempurna dan tuntas, tenaga yang dahsyat pun akan tercipta. Sedikit saja Brosis pelintir grip gas, tenaga besarnya akan keluar. Otomatis, bensin jadi irit.

Busi Honda Genuine Parts memiliki semua kemampuan itu karena memang didesain untuk semua jenis motor Honda. Busi Honda mampu menahan kejut panas hingga 2500 oC. Seperti diketahui, suhu ruang bakar ketika terjadi ledakan, mencapai 1500 oC. Tapi suhu ini masih di bawah range suhu ketahanan Busi Honda. Alhasil ground elektroda dan center elektroda tidak akan meleleh.

Selain tahan terhadap suhu tinggi, logam yang dikandungnya mampu menahan tekanan hingga 50 kg/cm2 atau setara dengan 711,25 psi. Artinya, busi Honda cocok untuk motor berkompresi rendah maupun tinggi, seperti pada motor injeksi yang angka rasio kompresinya bisa di atas 10 : 1. Rasio kompresi tinggi ditambah iklim Indonesia yang panas dan lalu lintas macet, tentu sangat menyiksa busi.

Soal daya tahannya, Busi Honda bisa menahan tegangan listrik dari koil sampai 30.000 volt. Sangat aman, sebab tegangan rata-rata dari koil hanya 12.000 volt. Ini rahasia yang bikin Busi Honda mampu menyekat tegangan tinggi dan mampu menghindari kerusakan part kelistrikan lain. Itulah makanya diwajibkan tetap pakai Busi Honda yang sesuai dengan spek motor Honda kesayangan Brosis. Elektrodanya aplikasi teknologi  U-Type dan V-Groove yang membuat  kinerja busi semakin optimal.

Enggak Cuma itu aja Brosis, busi Honda juga dibuat dengan material yang berkualitas. Kedua elektrodanya dibuat dari logam tahan korosi. Hal ini membuat membuat daya tahan busi Honda jauh lebih panjang. Kelebihan busi Honda Genuine Parts inilah yang tidak dimiliki busi Merk lain.

Nah agar performa motor Honda kesayangan selalu terjaga, pastikan Brosis selalu mengecek kondisi komponen yang satu ini ya.  Jadi demi performa terbaik mesin, sangat dianjurkan mengganti busi setiap 8.000 km. Saat mengganti busi secara rutin, selalu tekankan penggunaan gap atau celah elektroda sesuai standar pabrik. Busi Honda menerapkan gap sama persis dengan anjuran pabrikan motor Honda, yakni pada rentang 0,8 – 1 mm.  Jika gap busi ini sudah sesuai anjuran pabrik, maka percikan api dari busi akan selalu fokus dan besar sehingga performa mesin dan efisiensi bahan bakar akan selalu pada titik optimal!

Nah sekarang coba deh pantengin motor Honda kesayangan Brosis. Coba deh inget-inget kapan terakhir kali melakukan perawatan rutin di AHASS. Soalnya kalau Brosis melakukan perawatan rutin di AHASS, yang namanya busi pasti bakal dicek kondisinya. Jadi ketahuan tuh kapan waktunya diganti. Jangan Cuma belahan hati aja nih yang diperhatiin, motor Honda kesayangan kalau enggak diperhatiin juga bakal ngambek lho Brosis!

 

NO COMMENTS

Leave a Reply