Home Informasi Artikel Answer Back System: Kecil Bentuknya Besar Manfaatnya!!!

Answer Back System: Kecil Bentuknya Besar Manfaatnya!!!

0 0
trio motor

Banjarmasin, welovehonda.com- Brosis, di varian Honda Vario 110, PCX, dan Vario 150 terbaru udah dilengkap sama yang namanya Remote Answer Back System (R-ABS) nih! Meski kecil, tapi piranti ini terbukti cukup berguna lho! Penasaran sama fungsinya ya?

Jadi Answer Back System adalah sistem yang bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote (biasanya menggantung dg kunci kontak) & receiver yang terpasang pada sepeda motor. Saat remote ditekan, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan – belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan.

Cara kerjanya sih bisa diibaratkan seperti remote alarm mobil. Tapi jelas fungsinya beda ya. Dengan menekan tombol yang terdapat pada remote kunci motor, secara otomatis motor  akan menjawab sinyal tersebut dengan memberikan bunyi “bip” dan lampu sign yang berkedip beberapa kali untuk membantu mengenali motor yang bersangkutan secara visual.

Oh ya, Brosis dapat mengatur volume yang dihasilkan oleh motor untuk tiap remote-nya dengan cara memutar kunci motor ke posisi ON lalu tekan tombol pada remote sebanyak dua kali sebelum memutar kunci ke posisi OFF. Lakukan proses ini selama tiga kali berturut-turut. Setelah itu, putar kembali kunci ke posisi ON dan mulailah tekan tombol berulang kali secara perlahan untuk mendapatkan volume alarm yang sesuai.

Enggak cuma ngatur volumenya aja, Brosis juga bisa mengatur nadanya. Tapi enggak sampai seperti ringtone hp yang bisa diatur sendiri ya. Cuma ada 3 pilihan nada nih! Caranya ptar kunci motor ke posisi ON dan diikuti dengan menekan tombol sebanyak tiga kali. Setelah itu putar kembali kunci motor ke posisi OFF dan ulangi proses ini sebanyak tiga kali berturut-turut. Kemudian, pada proses berikutnya cukup memutar kunci ke posisi ON dan mulailah memilih nada sesuai keinginan Anda. Ada tiga tipe nada yang dapat Anda gunakan untuk tiap remote: bip-bip (2x), bip-bip-bip (3x), atau biiip-biiip (2x dan panjang).

Brosis ternyata juga dapat membuat fitur ini agar tidak berbunyi dan hanya menghasilkan lampu sign yang berkedip dengan cara mengaturnya ke mode diam (Silent Mode). Caranya cukup mudah, Brosis cukup memutar kunci ke posisi ON lalu mulailah menekan tombol pada remote dan tahan selama beberapa detik. Setelah itu, lampu indikator pada remote akan menyala dengan warna merah apabila Silent Mode diaktifkan dan sebaliknya akan berwarna hijau apabila Silent Mode dinonaktifkan.

Sebaliknya, Brosis juga bisa menonaktifkan R-ABS ini! Caranya, cukup dengan memutar kunci ke posisi ON lalu tekan tombol sebanyak empat kali dan ulangi proses ini sebanyak tiga kali berturut-turut. Kemudian, putar kembali kunci ke posisi ON dan tekan tombol sebanyak empat kali untuk menonaktifkan fungsi remote yang bersangkutan dari motor Honda kesayangan Brosis!

So…  Answer Back System ini bukan sekedar mainan biar motor bisa bunyi ya