Home Informasi Artikel Tips Liburan Akhir Tahun dengan Sepeda Motor

Tips Liburan Akhir Tahun dengan Sepeda Motor

0 1333
Tips Liburan Akhir Tahun dengan Sepeda Motor

Banjarmasin, pyurio.com- Tak terasa akhir tahun 2016 sudah di depan mata. Bagi sebagian orang, ini merupakan saat yang paling tepat untuk pergi liburan bersama orang-orang terkasih. Dan kendaraan yang bisa menjadi andalan karena kepraktisannya apalagi kalau bukan sepeda motor.

Untuk Anda yang ingin berlibur ke destinasi wisata yang berjarak cukup dekat, kendaraan roda dua bisa menjadi pilihan alat transportasi yang patut diperhitungkan. Selain irit biaya, gerak-gerik motor dapat bermanuver di jalan raya dengan lincah. Khusus Anda yang ingin mendapatkan pengalaman menyenangkan selama berlibur akhir tahun dengan mengendarai sepeda motor, simak tips-tips di bawah ini!

1. Pahami Peran Motor Sebagai Alat Transportasi

Penggunaan sepeda motor efektif dipakai oleh 2 orang dewasa ditambah bawaan maksimal 30 kg. Jarak yang ideal antara rumah dengan objek wisata tidak lebih dari 200 km. Setiap kali akan digunakan pastikan kendaraan dalam kondisi prima sehingga risiko terjadinya kerusakan selama di perjalanan bisa diminimalisir.

2. Kenakan Pakaian Pendukung Berkendara

Guna mendukung keamanan selama mengendarai motor, Anda wajib mengenakan pakaian perlengkapan yang standar. Di antaranya meliputi helm full face, jaket, celana panjang, sepatu, masker, dan sarung tangan. Mengingat saat ini di Indonesia sudah memasuki musim penghujan disarankan pula untuk selalu membawa jas hujan kemanapun Anda pergi. Perlu diketahui, angka kecelakaan sepeda motor mencapai 71 persen sehingga Anda harus betul-betul mempersiapkan diri.

3. Pertahankan Konsentrasi dan Istirahat Secukupnya

Pada saat mengendarai sepeda motor, Anda dilarang keras menikmati pemandangan di sekeliling agar konsentrasi terhadap kondisi jalan raya tetap terfokus. Beristirahatlah sejenak untuk menghilangkan kelelahan, dehidrasi, dan mengantuk setelah Anda menempuh perjalanan selama 2 jam. Jangan pernah memaksakan diri sebab faktanya konsentrasi yang diperlukan oleh para pengendara motor lima kali lebih banyak daripada ketika Anda mengemudikan mobil. Kebutuhan konsentrasi tersebut akan meningkat dua kali lipat di waktu malam hari.

4. Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

Tertib berkendara di jalan raya dapat menjamin Anda selamat sampai tiba di lokasi tujuan. Ikuti semua perintah rambu-rambu lalu lintas yang terdapat di sepanjang jalan. Sebaiknya hindari mendengarkan lagu atau menerima telepon sambil berkendara motor.

5. Jaga Postur Tubuh dengan Posisi yang Tepat

Pertahankan posisi tubuh yang rileks dan tidak terlalu condong ke depan supaya Anda bisa menjaga keseimbangan laju kendaraan dengan sempurna. Letakkan jari memegang setang dan beberapa jari bersiaga di tuas rem. Pada sepeda motor tipe sport, letak paha direkomendasikan menjepit ke tangki bensin sehingga kontrol lebih mudah. Sedangkan pada motor tipe matic, letakkan kaki di bagian deck dengan kaki, lutut, serta paha dalam posisi sejajar dan tidak keluar dari deck tersebut.

6. Nikmatilah Waktu Perjalanan Anda

Tujuan utama seseorang berlibur adalah untuk menikmati hidup. Jadi jangan pernah terburu-buru untuk segera tiba di destinasi wisata sebab ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan selama perjalanan. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda pun dapat menemukan tempat hiburan menarik yang belum pernah diketahui sebelumnya.

7. Bawalah Bekal dan Alat P3K

Mengingat harga di tempat wisata umumnya lebih mahal di tempat-tempat biasa, maka disarankan untuk membawa bekal dari rumah. Dengan begini Anda pun dapat menghemat biaya liburan sekaligus menjaga kesehatan orang-orang tercinta. Jangan lupa sediakan juga perlengkapan P3K untuk mengantisipasi kejadian-kejadian buruk yang tidak diinginkan.