Home Tak Berkategori Kampanye #Cari_Aman bertandang ke SMKN 1 Kertak Hanyar

Kampanye #Cari_Aman bertandang ke SMKN 1 Kertak Hanyar

0 11966

 

WhatsApp Image 2022-09-01 at 14.19.21

 

Kepolisian Kota Banjarmasin dan Honda Trio Motor Kalselteng untuk kampanye aman berkendaraan, yakni gerakan Safety Riding  bertajuk #cari_aman bertandang ke SMKN 1 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Kampanye ini bertujuan untuk mengatasi maraknya aksi ugal-ugalan berkendaraan, khususnya di kalangan muda mudi atau pelajar, yang menjadi salah satu faktor pendukung tingginya angka kecelakaan.

Sebagai aksi afirmatif demi mengurangi pertambahan kasus, seringkali bentuk penangan tak cukup sebatas undang-undang lalu lintas saja. Sebab itu, pengguna jalan perlu dibekali pengetahuan melalui sosialisasi untuk menambah pemahaman mereka.

Kali ini Safety Riding bertajuk #cari_aman dilaksanakan oleh SMKN 1 Kertak Hanyar kepada siswa/siswi tahun ajaran baru, didampingi oleh Unit Kamsel Polresta Banjarmasin.

“Safety Riding sudah jadi kegiatan rutin di mana kita memberikan materi keselamatan berkendara kepada sekolah-sekolah. Pelajar menjadi salah satu golongan penyumbang pengendara motor yang jumlahnya cukup banyak.”, ujar Yoga Prabowo selaku PIC Safety Riding Honda Trio Motor.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 70 siswa dan guru ini digelar dengan metode santai dan interaktif diselingi tanya jawab dengan narasumber dari Polresta Banjarmasin Aiptu Doni Irawan.

“Mungkin selama ini sikap hati-hati hanya dibebankan kepada pengendara depan, namun ini pula berlaku kepada pengendara yang yang dibonceng,” ujar Yoga.

Pihaknya mencoba memberi contoh-contoh yang sebenarnya sangat mudah dikerjakan, asalkan kepedulian terlebih dulu muncul.

Sebenarnya safety riding itu sangat sederhana dan mudah diterapkan, sesederhana meng-klik helm dan menggunakan sarung tangan dan baju berlengan panjang.

Selain itu, postur berkendara yang baik dan benar, cara membawa barang dengan aman serta kewajiban untuk memiliki SIM menjadi salah satu poin yang disampaikan.

Antusiasme  para siswa SMKN 1 Kertak Hanyar cukup tinggi mengikuti kegiatan tersebut, salah satunya siswa bernama Amalia Putri mengaku hanya tahu sebagian rambu lalu lintas.

“Selama ini saya merasa berkendara dengan aman-aman saja, tapi ternyata ada banyak sekali yang harus diperhatikan. Saya merasa ilmunya sangat bisa diterapkan,” katanya.

Kegiatan kampanye #Cari_aman yang terus-menerus digaungkan PT. Astra Honda ingin memberikan bukti nyata atas kepedulian terhadap ketertiban pengendara saat berlalu lintas.