Honda Siap Ramaikan Era Motor Listrik!
Banjarmasin, welovehonda.com- Brosis, tentunya udah tahu banget kalau motor adalah salah satu kebutuhan yang kayaknya enggak lepas dari kita-kita semua. Kadang kalau buat urusan transportasi, motor emang udah enggak ada lawannya. Praktis dan mudah. Yang dipikirin kalau naik motor sih tinggal urusan bensin aja nih. ![]()
Memang sih dari dulu pabrikan Honda terkenal dengan motor-motornya yang memiliki mesin yang irit bahan bakar. Tapi kebayang gak kalau Brosis suatu saat bakal menggunakan motor yang nggak pakai bahan bakar sama sekali? Nah, konsumsi minyak bumi yang makin meningkat bikin Honda Jepang putar otak nih. Salah satu alternatifnya adalah motor listrik.
Beberapa tahun lalu Honda memang sudah memperkenalkan prototype motor listriknya yaitu EV-Neo. Seperti namanya, Honda Electronic Vehicle (EV) Neo menggunakan tenaga listrik berkekuatan 2.8 kW dan baterai ion lithium. Sepeda motor yang termasuk ke dalam varian skuter ini mampu menempuh jarak 34 km (dengan kecepatan konstan 30 km/jam) dalam satu pengisian penuh. Uniknya, skuter yang juga cocok sebagai kendaraan delivery barang ini hanya membutuhkan 30 menit untuk mengisi baterai hingga penuh.
Nggak cuma EV-NEO aja. Ada juga desain konsep yaitu Honda RC-E yang bentuknya jauh dari kata culun. Menurut Honda Jepang, Honda RC-E adalah versi elektrik dari motor sport yang mengedepankan kenyamanan dan nikmatnya berkendara. Brosis bisa liat desainnya. Udah sporty kan?
Honda RC-E punya desain mendekati ukuran motor sport 250cc saat ini. Ya mirip-mirip dengan CBR250R nih Brosis. Pintarnya, untuk mengakali motor elektrik yang terlihat sangat besar, Honda menjadikan bagian tersebut sebagai sasis juga.
Di bagian buritan, swing armya menyatu dengan motor listrik di bagian depan. Desain tulang punggung monokok-nya terlihat seperti menyatu dengan bagian depan. Shock breaker belakang terlihat menggunakan Ohlins tanpa link yang menyatu seirama dengan sasis.
Biar tampilannya makin keren, Honda membenamkan pelek palang 17 inci. Di bagian depan terlihat shockbreaker upside down dengan system pengereman radial caliper dari Brembo. Spek ini memang lazim terlihat di motor superbike-superbike kelas atas dari Honda. Contohnya pada Honda CBR1000RR-SP dan juga di motor motoGP macam RC213V!
Berhubung udah pakai listrik, lalu apa gunanya bagian tangki depan. Tentunya di bagian ini akan menjadi rumah untuk baterai yang berukuran besar. Performanya disinyalir akan mendekati motor 250cc nih Brosis. Cakep banget!
Namun berhubung Honda RC-E hanyalah sebatas konsep, belum tentu nanti produksi massalnya akan seperti ini yah Brosis. Tapi garis besarnya sih udah bisa ditebak. Gunanya motor prototype kan buat bayangan aja bakal seperti apa nanti jadinya. Brosis sekarang bayangin deh, pakai motor dengan performa CBR250R, tapi enggak usah masuk ke pom bensin. Tinggal nyari colokan aja tuh kalau mau ngecas. ![]()
































