Home Informasi Artikel Ganti Oli Setelah Mudik, Agar Mesin Motor Kembali Prima

Ganti Oli Setelah Mudik, Agar Mesin Motor Kembali Prima

0 3403
Ganti Oli Setelah Mudik, Agar Mesin Motor Kembali Prima

Banjarmasi- Setelah menempuh perjalanan pulang kampung dengan motor, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar mesin motor kembali segar seperti sedia kala. Perjalanan mudik yang lebih panjang menurut ukuran jarak tempuh, dan melewati beberapa medan jalan yang rusak, belum lagi jalanan macet atau kontur jalan yang naik turun, hal ini tentu membuat mesin motor bekerja lebih berat dari biasanya.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga sepeda motor kembali dalam kondisi prima. Salah satu faktor yang membuat umur komponen mesin jadi pendek adalah tidak optimalnya sistem pelumasan. Pelumas yang baik mampu membuat komponen mesin terlindungi dari gesekan antar komponen yang terjadi terus menerus selama mesin bekerja.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga suhu mesin tetap pada batas toleransi, jika batas ini terlewati maka komponen mesin akan cepat rusak. Dengan perjalanan mudik yang berat, ada baiknya mengganti oli mesin dan oli transmisi motor matic meski belum memasuki waktunya ganti oli berkala, hal ini untuk menjaga kondisi pelumas tetap dalam kondisi prima.

“Dengan mengganti oli, maka kondisi pelumasan akan terjamin. Selain itu ada baiknya dilakukan pengecekan pada beberapa komponen motor, tak hanya bagian mesin namun juga kaki-kaki seperti suspensi, roda meliputi pelek, ban dan bearing. Pastikan semuanya dalam kondisi baik agar motor Feders nyaman dan aman ketika dipakai beraktifitas sehari-hari,” ujar Ivan selaku Kepala Mekanik Dealer Trio Motor Perintis.

Pastikan juga mengganti oli mesin dan oli transmisi sesuai dengan spesifikasi sepeda motor, pilihannya tentu AHM Oil yang memiliki beragam jenis spesifikasi oli untuk semua motor yang beredar di Indonesia.