Home Informasi Artikel Yuk Kenali Jenis Jenis Mesin Square, Overstroke, dan Overbore!

Yuk Kenali Jenis Jenis Mesin Square, Overstroke, dan Overbore!

0 4746
Yuk Kenali Jenis Jenis Mesin Square, Overstroke, dan Overbore!

Banjarmasin- Brosis, sudah pada tahu kan dengan dua jagoan baru Honda di kelas Sport? Ada New Honda CB150R Streetfire dan New Honda Sonic 150R. Meski beda tampang, keduanya mengusung mesin yang sama yaitu New Generation 150cc DOHC Liquid Cooled Brosis!

Apa nih bedanya dengan Mesin CB150R Streetfire lama? Brosis bisa coba cek spesifikasinya di http://www.welovehonda.com/duosport/all-new-cb150r/. Disana tertera bahwa diameter x langkah New CB150R Streetfire adalah 57.3 x 57.8 mm. Angka diameter dan langkah yang berbeda tipis menBrosiskan mesin tersebut berjenis Square Engine. Beda lho sama CB150R lama yang berjenis Overbore.

Sebelumnya WLH jelasin dulu nih tentang mesin Overbore. Mesin denga tipe ini memiliki ciri-ciri Diameter silinder lebih besar dari pada panjang Langkah/ Stroke piston. Mesin denga tipe ini mampu berputar hingga RPM tinggi, Tenaga yang besar pada RPM menengah dan tinggi, mesin ini sangat cocok pada motor berkarakter sport. Karena biasanya pada motor sport pengendara akan memacu motornya dan mempertahankan putaran mesin pada RPM yang tinggi agar dapat mengeluarkan kemampuan maksimum motor tersebut. Di Motor Honda yang menggunakan mesin tipe Overbore adalah Honda CBR150R, CBR250R, dan tentunya CB150R Streetfire lama.

Lalu bagaimana kalau langkah piston lebih besar dari diameter piston? Itu yang namanya mesin Overstroke!  Mesin dengan tipe ini memiliki karakteristik mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar pada RPM rendah dan menengah. Brosis bisa lihat nih motor-motor Honda yang ditujukan untuk penggunaan harian dalam kemacetan kota atau medan berat biasanya mengadopsi mesin dengan tipe ini. Contohnya: Honda Supra X 125 Fi atau New BeAT eSP!

Kalau balik melihat spesifikasi New CB150R Streetfire atau New Sonic 150R, memang sih langkah pistonnya lebih besar, tapi hanya 0.5mm. Mesin tersebut sudah bisa dibilang berjenis Square! Mesin dengan tipe ini memiliki tenaga yang hampir merata disemua tingkatan RPM, baik pada RPM rendah maupun pada RPM tinggi. Mesin dengan tipe ini biasanya diaplikasikan pada motor-motor harian yang memiliki kemampuan universal untuk melahap semua medan baik dalam maupun luar kota!

So kalau melihat spesifikasinya, New CB150R dan juga New Sonic 150R emang didesain untuk segala kondisi nih. Brosis punya torsi yang cukup responsif buat selap selip diantara kemacetan. Kalau mau dibawa touring ke luar kota juga pede aja nih. Di jalanan yang lurus Brosis bisa pede tarik gas terus tanpa takut kehabisan tenaga.

Tapi kalau mau geber motor, lihat-lihat kondisi jalanan dulu Brosis! Pastikan keadaan jalan memang aman. Jangan ugal-ugalan dan selalu patuhi aturan lalu lintas yah. Salam SatuHATI!