Honda ELF Series. Motor Balap Nyentrik Kolaborasi Honda – Renault
Banjarmasin, welovehonda.com- Apa jadinya kala Honda berkolaborasi dengan nama besar di ajang balap mobil? Itulah yang terjadi pada tahun 1981. Dengan bermodalkan mesin Honda RSC1000, Andre de Cortenze sang desainer dari Renault melahirkan motor balap nyeleneh ini untuk berlaga di ajang World Endurance Championship!
Sekarang Brosis coba lihat desainnya. Bahkan ketimbang motor balap pada masa tersebut seperti NS500 yang ditunggangi oleh pebalap legenda seperti Freddie Spencer, desain Honda ELFe lebih terlihat kaku dan blocky. Apalagi kalau dibandingkan dengan RC213V punya Marquez. Udah kayak langit dan bumi deh bedanya!
Honda ELFe membuktikan ketangguhannya dengan berlaga di tiap ronde World Endurance Championship pada tahun 1981. Honda ELFe terbukti sangat cepat di lintasan dan menorehkan hasil juara ketiga saat TTI Endurance Race di Mugello pada tahun 1983. Bahkan versi kedua dari Honda ELFe R mencatatkan 6 rekor kecepatan di Nardo, Itali pada tahun 1986!
Namun kelemahan di Honda ELFe generasi pertama adalah pebalap kesulitan mengontrol motor tersebut. Hal tersebut yang ingin diperbaiki pada generasi selanjutnya Honda ELF 2 yang diberi julukan Black Bird karena desainnya yang lebih mirip pesawat tempur. Sayang, Honda ELF 2 masih memiliki kelemahan di bagian pengendaliannya.
Performa Honda ELF mulai meningkat setelah generasi ketiganya yaitu Honda ELF 3 mulai mencatatkan prestasi dengan ridernya yaitu Ron Haslam pada tahun 1986 dan 1987. Generasi berikutnya yaitu ELF 4 menggegerkan dunia balap dengan desain rangkanya yang dibuat dari material karbon fiber.
Puncak “kegilaan” dari Andre de Cortenze adalah saat ia membangun Honda ELF 5. Meski mengalami banyak peningkatan dibanding generasi-generasi sebelumnya, Honda ELF 5 masih belum bisa menorehkan kesuksesan yang berarti di dunia balap.
Kurang cemerlangnya Honda ELF di dunia balap bukan berarti kegagalan yang harus disesali. Inovasi-inovasi yang diterapkan di Honda ELF ternyata diteruskan di produk-produk massal Honda pada masa-masa setelahnya. Contohnya adalah swing arm sebelah yang Brosis kenal di NSR150SP. Ya, kalau nggak ada Honda ELF, nggak ada tuh yang namanya Pro Arm!
Desain ELF yang melampaui masanya adalah contoh dari inovasi ajaib yang melampaui imajinasi dan tergolong langka. Dalam kurun waktu pengembangannya selama 10 tahun, adanya Honda ELF membuat dunia balap saat itu makin berwarna, sebab adanya inovasi inovasi ajaib yang tidak ada henti-hentinya. Honda ELF memperlihatkan kepada dunia bahwa yang terpenting bukanlah harus juara di ajang balapan, tapi keberanian untuk mewujudkan sesuatu yang berbeda.
Mengejar sesuatu yang aneh dan berbeda, selama memang memungkinkan, kenapa tidak?