Home Informasi Info AHASS Yuk Mengenal Teknologi Unik Unicam dari Honda!

Yuk Mengenal Teknologi Unik Unicam dari Honda!

0 987
Yuk Mengenal Teknologi Unik Unicam dari Honda!

Banjarmasin- Brosis, pasti udah nggak asing sama istilah DOHC dan SOHC nih. DOHC adalah singkatan dari Double Overhead Camshaft yang berarti mesin tersebut memiliki dua batang noken as. Sistem DOHC punya kelebihan mendatangkan kitiran mesin (RPM) lebih tinggi. Letak klep yang lebih baik mengoptimalkan set up yang memaksimalkan pula performa mesin.

Sementara mesin Single Over Head Camshaft disingkat SOHC hanya punya satu batang noken as. SOHC bertorsi lebih baik pada putaran rendah karena lebih ringan (memutar mesin) dan sebaliknya DOHC menghasilkan torsi lebih rendah karena lebih berat. Namun pada pada kecepatan tinggi, torsi mesin DOHC akan lebih baik. SOHC memiliki low-end torque lebih baik sementara DOHC memiliki top-end power lebih tinggi.

Tapi ada satu lagi jenis head dari Honda yang mungkin saja Brosis belum tahu. Namanya Unicam. Bisa dibilang teknologi ini menjadi penengah antara SOHC dan DOHC. Masih belum paham? Yuk simak lebih lanjut!

Honda Unicam engine menggunakan 4 valve namun menggunakan prinsip SOHC. Teknologi ini merupakan salah satu masterpiece insinyur permesinan Honda. Sistem Unicam sendiri merupakan mekanisme buka-tutup klep unik yang menjadi ciri khas special engine Honda. Menggunakan satu kem layaknya mesin SOHC, tapi memiliki tiga atau empat tonjolan kem sehingga bisa berfungsi layaknya mesin DOHC.

Lantas apa efeknya? Jelas Unicam memiliki semua kelebihan SOHC dan DOHC namun tidak memiliki kekurangan dari keduanya. Bisa juga dibilang ini Unicam adalah hybrid perpaduan DOHC dengan SOHC.

Lalu bukankah ada mesin SOHC lain yang punya 4 klep. Apakah mesin tersebut dibilang Unicam? Punya 4 klep belum otomatis dibilang Unicam Brosis! Noken as unicam cukup unik karena memiliki minimal tiga tonjolan kem. Beda dengan mesin SOHC yang hanya memiliki dua tonjolan kem. Cara Kerja Unicam Sendiri adalah dua tonjolan kem bekerja mendorong klep masuk layaknya mesin DOHC, sedangkan tonjolan kem lainnya menggerakan klep buang dengan bantuan rocker arm seperti mesin SOHC!

Mesin Unicam mempunyai keuntungan friksi yang lebih kecil layaknya mesin SOHC, namun dengan kemampuan layaknya mesin DOHC. Keununtungan lain adalah konstruksi kepala silinder yang lebih ringkas. Sehingga menguntungkan Honda ketika meracik sasis yang tetap ringan dan juga kompak. Oleh karena itulah teknologi Unicam biasanya diaplikasikan ke motor-motor trail atau enduro seperti CRF series yang harus punya power besar, tapi bobotnya harus dipangkas demi kelincahan maneuver!

Untuk saat ini sih, motor Honda di Indonesia belum ada yang pakai system Unicam. Tapi siapa tahu suatu saat nanti ada nih yang pakai teknologi ini. Kita tunggu saja Brosis!