Home Informasi Artikel Tips dan Trik Bermotor di Bulan Ramadhan

Tips dan Trik Bermotor di Bulan Ramadhan

0 301
Pengendara Honda PCX

Banjarmasin, welovehonda.com- Marhaban ya Ramadhan… Brother dan Sister yang muslim tentu sekarang lagi melaksanakan ibadah puasa nih. Tapi jangan jadikan berpuasa alasan buat malas dalam berkegiatan yah. Badan lemas banget dan perut kerasa super –lapar biasanya sih cuma di hari-hari awal puasa aja. Nanti juga terbiasa kok! :D

Tentunya Brosis yang biasa wara-wiri dengan sepeda motor bakalan dapet tantangan baru nih. Gimana caranya menahan lapar, dahaga, cuaca yang tidak menentu, hingga emosi. Biasanya sih kalau lapar emosi emang cepet meningkat tuh! Kalau udah emosi, biasanya berkendara jadi nggak konsen. Bahaya banget.

Kali ini ada beberapa tips nih buat Brother dan Sister yang tiap hari mengendarai motor. Gimana sih biar berkendara tetap enak di bulan puasa? Yuk disimak!

Jaga asupan gizi dan cairan saat Sahur dan Berbuka. Ini penting lho Brosis! Saat sahur, jangan terlalu banyak menkonsumsi karbohidrat yang bikin jadi ngantuk. Lebih baik perbanyak makan protein dan cairan biar gak dehidrasi. Sama halnya ketika berbuka. Jangan tiba-tiba jadi buas yah. Terlalu banyak makan saat berbuka bikin perut bekerja keras sehingga efeknya jadi mengantuk.

Jaga kondisi motor. Gak cuma ridernya aja nih yang kondisinya mesti dijaga. Motornya juga!  Selalu cek kondisi oli, tekanan angin ban, hingga bensin di tangki motornya. Logikanya, Brosis tentu gak mau kan dorong motor pas puasa gara-gara keabisan bensin di jalan? Emang sepele, tapi bikin males banget.

Istirahat Cukup. Rata-rata orang biasa memerlukan waktu tidur sebanyak enam jam tiap hari. Memang sih kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda, tapi dijamin gak bakalan lebih dari 10 jam sehari. Kebo itu namanya. :P Perkara ngantuk emang jadi salah satu kendala berkegiatan di bulan puasa selain lapar dan dahaga. Di saat bulan puasa, pastikan jatah tidur tetep terpenuhi. Caranya, tidur sejenak saat  waktu sarapan dan waktu makan siang.  Kan nggak makan tuh! :D

Perhatikan Jarak Tempuh. Pada saat berpuasa, bila hendak berkendara penting untuk perhatikan antara jarak tempuh, waktu tempuh dan ketahanan tubuh. Jangan sampe Brosis membuang energi dengan sia-sia. Jika Brosis melakukan perjalanan lebih dari dua jam, jangan paksakan fisiknya. Istirahat di tempat-tempat yang dirasa aman dan nyaman selama kurang lebih setengah jam.  Lakukan pelemasan pada sendi-sendi dan urat yang tegang.

Jaga Emosi. Perut lapar emang bikin cepet emosi naik. Apalagi di saat-saat sore hari dimana lalu lintas sangat semrawut, semua orang pengen cepet pulang biar bisa berbuka puasa di rumah. Tapi Brosis mesti inget dong, esensi dari berpuasa gak cuman menahan lapar dan dahaga, tapi juga bersabar dan menahan emosi. Brosis mesti berkendara dengan sopan, tertib, dan tentunya mematuhi aturan di jalan raya. Saling mengalah, saling hormati, saling menghargai  pengendara lain. Kuncinya, jaga kesabarannya Brosis!

Kalo Brosis ngikutin Tips dan Trik singkat ini, dijamin udah siap deh wara-wiri dengan motor di Bulan Puasa. Berkegiatan dijamin bisa lebih lancar. Inget Brosis, segala kegiatan positif selama Bulan Ramadhan ini dianggap sebagai ibadah lho. Yuk kita cari pahala sebanyak-banyaknya di Ramadhan tahun ini! Selamat berpuasa dan Salam SatuHATI!

– See more at: http://www.welovehonda.com/tips-dan-trik-bermotor-di-bulan-puasa#sthash.PY0VtE8p.dpuf