Home Tak Berkategori SMAN 6 dan SMKN 1 Banjarmasin Wakili Kalsel di Ajang AHMBS Nasional

SMAN 6 dan SMKN 1 Banjarmasin Wakili Kalsel di Ajang AHMBS Nasional

0 2

WhatsApp Image 2022-08-05 at 08.54.34 (1)

BANJARMASIN – AHM Best Students (AHMBS), Lomba Karya Tulis Ilmiah tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Astra Honda Motor diikuti berbagai sekolah menengah atas dan Kejuruan di wilayah Kalsel Kamis (04/08) Kemarin.

Kegiatan yang telah disosialisasikan sejak Mei-Juli 2022, kini telah menuju tahap nasional dimana dua peserta baik berupa tim dan perorangan akan mewakili Kalsel di kancah nasional.

Proses penjurian telah dilaksanakan secara tatap muka dengan melibatkan pihak PT. Trio Motor dan putra putri banjar berprestasi.

Sustainable Development Goals (SDGs) atau yang biasa disebut dengan istilah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diusung pada AHMBS 2022 ini merupakan rencana aksi global yang disepakati pemimpin dunia, termasuk Indonesia guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Lewat 17 tujuan dengan 169 indikator yang ada didalamnya, diharapkan SDG’s dapat dicapai dalam kurun waktu satu dekade kedepan. Maka dari itu, dalam pencapaiannya berbagai peran turut dilibatkan termasuk intervensi kaum muda untuk menyumbangkan ide-ide cemerlang dalam karya tulis ilmiahnya.

AHMBS 2022 menyaring karya-karya ilmiah pelajar Kalsel dengan Jumlah 5 makalah yang maju sampai ke seleksi final. Setelahnya terpilihlah Satu pemenang dalam kategori Ide dan satu pemenang dalam kategori Invensi.

Pemenang I kategori ide dianugerahi kepada Aulia Puspita Roosiani dari SMKN 1 Banjarmasin yang mengangkat Ide mengenai gerakan kesehatan mental terhadap kaum pelajar yang kesadarannya masih sangat minim di Kota Seribu Sungai, lewat karyanya Aulia dengan sistematis merincikan strategi untuk revolusi kesehatan mental dalam cakupan pendidikan sekolah menengah atas.

Aulia mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam ajang ini, terlebih bisa menang sekaligus mewakili Kalsel ke tingkat nasional.

“Benar-benar sangat seru, bisa membuat para pelajar berpikir kritis dalam mengembangkan karya tulis ilmiahnya. Dengan adanya kegiatan ini, juga bisa sangat membantu kami khususnya pelajar dalam berkarya dan memberikan inspirasi bagi orang-orang,” ujar Aulia, Sabtu (6/8/2022).

Pemenang I Kategori Invensi dianugerahi kepada Tim SMA Negeri 6 Banjarmasin dalam Karya Tulis Ilmiahnya yang mengangkat tema 2in1 Movement sebagai Strategi Afirmatif terhadap kesemrautan berlalu lintas di kota seribu sungai. Dalam karyanya SMAN1 menggandeng institusi terkait seperti Polda dan Dinas Perhubungan serta telah menyosialisasikan gerakan 2in1 di ruang publik.

Tiap pemenang dan pembina KTI dianugerahi hadiah berupa uang tunai dan merchandise Safety Riding berupa Helm berstandar SNI.

“Semoga ide-idenya tidak hanya selesai pada karya tulis ilmiahnya saja, melainkan terus digerakan dan digaungkan sesuai dengan tujuan perubahan yang diusung oleh peserta sendiri.” Ucap Dewienta Pramesuari, selaku Coorporate Communicator PT. Honda Trio Motor.

Mari dukung putra putri Banjar dalam AHM Best Student tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di awal September nanti. Semoga dapat mengharumkan nama Kalsel di tingkat Nasional.