Home Informasi Artikel Seberapa Pentingkah Keberadaan Bank Angle Sensor? Simak Fungsinya Brosis!

Seberapa Pentingkah Keberadaan Bank Angle Sensor? Simak Fungsinya Brosis!

0 252
Seberapa Pentingkah Keberadaan Bank Angle Sensor? Simak Fungsinya Brosis!

Banjarmasin- Jaman sekarang, semua motor yang dikeluarkan oleh Honda sudah memiliki teknologi PGM-FI alias injeksi. Teknologi PGM-FI membuat performa motor lebih optimal dengan konsumsi bensin yang lebih irit juga. Selain itu, ada banyak sensor seperti Throttle Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT) atau Engine Oil Temperature (EOT), Crankshaft Position (CKP), O2 Sensor, hingga Bank Angle Sensor. Kali ini yang dibahas yang terakhir nih! Masih pada asing kan dengernya. Simak artikelnya sampai habis biar paham yah Brosis!

Teknologi Bank Angel Sensor pada dasarnya merupakan salah satu fitur pada motor yang berguna untuk menjamin keselamatan motor sekaligus penggunanya. Sensor rebah ini sengaja disematkan pada beberapa motor injeksi Honda, misalnya di Honda CBR150R.

Penggunaan sensor pada saat motor Injeksi yang mengalami kemiringan ekstrim ketika jatuh memungkinkan mesin akan berhenti bekerja atau mati secara otomatis. Penggunaan sensor ini menjamin keamanan untuk pengendaranya karena roda motor akan berhenti berputar alhasil cedera pada rider akan diminimalisir.

Di Motor seperti Honda CBR150R, Bank Angle Sensor akan aktif jika motor miring 70-75 derajat. Saat aktif, sensor akan langsung menonaktifkan kinerja mesin. Jika motor terjatuh, maka motor otomatis akan mati sehingga jika terjadi kecelakaan, tidak ada lagi kisahnya motor yang berputar-putar dengan liar jika seandainya persneling atau tuas kopling tertahan/ tertekuk.

Lalu bagaimana saat menikung? Marc Marquez aja dengan Honda RC213V saja menikungnya maksimal di angka 60 derajat. Sedangkan Bank Angle Sensor kan baru aktif jika motor miring lebih dari 70 derajat. Lagipula dengan motor standar, menikung juga enggak bakal ekstrim juga nih.

Tapi penjelasan ilmiahnya sih, Bank Angle Sensor tidak aktif pada sepeda motor yang sedang menikung atau berbelok meski dengan sudut kemiringan yang sama. Hal itu karena pada saat menikung terdapat gaya sentrifugal, yang menyebabkan sudut kemiringan pada BAS tidak sama dengan sudut kemiringan sepeda motor terjatuh, sehingga mesin tetap hidup.

Lokasi Bank Angle Sensor biasanya berada di tengah-tengah alias di bawah jok. Sensor ini tidak boleh dipindah-pindah atau diutak-atik posisinya. Miring atau bergeser sedikit saja akan membuat sensor salah mendeteksi keadaan. Misalnya saat motor hanya di standar miring, namun sensor sudah membaca kalau motor sudah terjatuh. Alhasil motor jadi enggak mau dinyalakan.