Home Informasi Artikel Peluang Usaha Bengkel Resmi Honda

Peluang Usaha Bengkel Resmi Honda

0 1523

Banjarmasin- Kondisi ekonomi yang semakin sulit banyak berdampak ke segala sektor ekonomi. Tak terkecuali dengan usaha otomotif yang mengalami kelesuan dari segi penjualan. Namun, ditengah kelesuan tersebut, Honda tetap mampu menguasai pasar di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Untuk penjualan Honda di Banjarmasin menurut Marketing Manager PT. Trio Motor, Afirizal Rachman, Honda sudah menguasai pangsa pasar 70%. “Jika dianalogikan apabila ada 10 sepeda motor yang ada di jalan raya, maka dapat dipastikan 7 dari 10 sepeda motor tersebut adalah merk Honda,” ujarnya

Seiring dengan meningkatnya penjualan sepeda motor Honda di Banjarmasin tentunya juga dibutuhkan pelayanan purna jual yaitu bengkel perawatan dan penjualan suku cadang. Menurut Akhmad Fauzi selaku Service Manager PT. Trio Motor menjelaskan bahwa total permintaan service sepeda motor Honda dihitung dari penjualan selama 7 tahun terakhir.

“Di Banjarmasin sendiri sepeda motor Honda yang terjual mencapai angka 450.000 unit lebih per tahunnya, jika dihitung kebutuhan service setiap bulannya adalah sebesar 37.000 unit lebih per bulan,” ungkapnya

Rahmadi selaku Sub Dept Head Network Technical Service menambahkan di Banjarmasin keberadaan bengkel resmi hanya ada 13 AHASS dengan jumlah pit service tersedia 85 pit dan unit service yang masuk ke bengkel resmi Honda sebanyak 15.241 unit/bulan.

“Jadi secara hitung-hitungan jumlah pit yang ada di Banjarmasin sudah over kapasitas, jika kita hitung dari permintaan service yang ada sebanyak 37.564/bulan bengkel resmi kita baru 36% yang mengcover permintaan service. Tentunya ini menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk bengkel remi baru untuk bergabung,” pungkas Rahmadi.

Dilihat dari data diatas tentunya ini sebuah pertanda bahwa konsumen Honda di Banjarmasin sudah sangat mempercayai Bengkel Resmi Honda yang mana tentunya sudah dilengkapi pelayanan yang baik seperti adanya penyediaan WiFi, minuman gratis, kenyamanan ruang tunggu dan kelengkapan tools serta diikuti keahlian mekanik.

Sebagai informasi bisnis buat investor bahwa investasi yang harus dikeluarkan untuk bisnis bengkel resmi dibutuhkan sekitar Rp 75.000.000 untuk penyediaan standarisasi exterior dan interior sebanyak 4 pit + 1 pit final cek ( luas bangunan 5 x 20 meter ), Rp 60.000.000 untuk kelengkapan tools ( untuk 4 pit ) + Spesial tools, Rp 15.000.000 untuk kelengkapan komputerisasi dan penyediaan ruang tunggu, Rp 2.000.000 untuk kelengkapan seragam + sepatu kerja, Rp 10.000.000 untuk penyediaan gudang part dan Rp 50.000.000 untuk kelengkapan spare part HGP sehingga total investasi sebesar Rp. 212.000.000 ( diluar bangunan gedung ).

Untuk wilayah Kalimantan Selatan yang memiliki prospek usaha yang baik adalah Kabupaten Barito Kuala tepatnya di Kecamatan Alalak, Kota Banjarbaru di Kecamatan Cempaka dan Liang Anggang serta Kabupaten Banjar di Kecamatan Sungai Tabuk . Sementara untuk wilayah Kalimantan Tengah yang memiliki prospek usaha yang menjanjikan adalah Kabupaten Kota Waringin Timur di Kecamatan Baamang dan Kabupaten Kota Waringin Barat di Kecamatan Kota Waringin Lama.

Banyaknya wilayah yang memilki prospek usaha yang baik dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk dapat melakukan bisnis di dunia otomotif tepatnya untuk usaha AHASS. Untuk menjadi AHASS investor diminta mengirimkan proposal ke Technical Service Department PT Trio Motor di Jalan Perintis Kemerdekaan No 45 AA Banjarmasin.

 

SIMILAR ARTICLES