Home Informasi Info AHASS Peluang Bisnis Bengkel AHASS

Peluang Bisnis Bengkel AHASS

0 802
Peluang Bisnis Bengkel AHASS

Banjarmasin- Penjualan Honda dari tahun ke tahun terus meningkat dan honda paling banyak digunakan di Indonesia, menurut data AISI penjualan motor hingga Juli 2015 ini sudah mencapai 439.235 unit dari total tersebut Honda mencapai 280.197 unit atau 63.4% dari penjualan secara Nasional.

Untuk penjualan Honda sendiri di Banjarmasin menurut Marketing Manager PT. Trio Motor, Afirizal Rachman, Honda sudah menguasai pangsa pasar 70%.

“Jika dianalogikan apabila ada 10 sepeda motor yang ada di jalan raya, maka dapat dipastikan 7 dari 10 sepeda motor tersebut adalah merk Honda,” ujarnya

Seiring dengan meningkatnya penjualan sepeda motor Honda di Banjarmasin tentunya juga dibutuhkan pelayanan purna jual yaitu bengkel perawatan dan penjualan suku cadang. Menurut M. Mansur Mei Bahar selaku Service Manager PT. Trio Motor menjelaskan bahwa total permintaan service sepeda motor Honda dihitung dari penjualan selama 7 tahun terakhir.

“Di Banjarmasin sendiri sepeda motor Honda yang terjual mencapai angka 450.000 unit lebih per tahunnya, jika dihitung kebutuhan service setiap bulannya adalah sebesar 37.000 unit lebih per bulan,” pungkasnya

Akhmad Fauzi selaku Sub Dept Head Network Technical Service menambahkan di Banjarmasin keberadaan bengkel resmi hanya ada 11 AHASS dengan jumlah pit service tersedia 76 pit dan 76 mekanik yang dapat menampung permintaan service 13.300 unit/bulan (1 pit dapat mengcover 7 unit/hari), namun pada kenyataannya unit service yang masuk ke bengkel resmi honda sebanyak 13.911/bulan.

“Jadi secara hitung-hitungan jumlah pit yang ada di Banjarmasin sudah over kapasitas, jika kita hitung dari permintaan service yang ada sebanyak 37.564/bulan bengkel resmi kita baru 36% yang mengcover permintaan service. Tentunya ini menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk bengkel remi baru untuk bergabung,” pungkas Fauzi.

Dilihat dari data diatas tentunya ini sebuah pertanda bahwa konsumen Honda di Banjarmasin sudah sangat mempercayai Bengkel Resmi Honda yang mana tentunya sudah dilengkapi pelayanan yang baik seperti adanya penyediaan WiFi, minuman gratis, kenyamanan ruang tunggu dan kelengkapan tools serta diikuti keahlian mekanik.

Sebagai informasi bisnis buat investor bahwa investasi yang harus dikeluarkan untuk bisnis bengkel resmi dibutuhkan sekitar Rp 75.000.000 untuk penyediaan standarisasi exterior dan interior sebanyak 4 pit + 1 pit final cek ( luas bangunan 5 x 20 meter ), Rp 60.000.000 untuk kelengkapan tools ( untuk 4 pit ) + Spesial tools, Rp 15.000.000 untuk kelengkapan komputerisasi dan penyediaan ruang tunggu, Rp 2.000.000 untuk kelengkapan seragam + sepatu kerja, Rp 10.000.000 untuk penyediaan gudang part dan Rp 50.000.000 untuk kelengkapan spare part HGP sehingga total investasi sebesar Rp. 210.000.000 ( diluar bangunan gedung ).

Investasi sebesar itu jika kita hitung BEP nya yaitu 1 pit yang tersedia dapat menghasilkan 7 unit/hr x 4 pit yang ada dan dikalikan dengan 25 hari kerja maka bengkel tersebut akan dapat sebanyak 700 unit motor/bulan. Saat ini penjualan jasa/unit rata-rata Rp. 30.000/unit dan penjualan part/unit rata-rata Rp. 15.000/unit sehingga total pendapatan AHASS sebesar Rp. 31.500.000/bulan, jika dikurangi gaji karyawan dan biaya operasional Rp. 15.000.000/bulan, maka keuntungan kotor perbulan Rp. 15.000.000 dan jika kita asumsikan investasi ulang sebesar 50% dari keuntungan yaitu Rp. 7.500.000/bln maka BEP nya akan 2,2 tahun namun kenyataan dari simulasi tersebut tergantung dari management AHASS masing-masing.

Untuk mengajukan menjadi bengkel resmi honda ( AHASS ) investor wajib membuat surat permohonan yang dilengkapi dengan proposal singkat tentang profile pemohon ( dilengkapi dengan fotocopy KTP pemohon ), alasan pemohon untuk menjadi bengkel resmi dan profile tempat yang akan dijadikan bengkel resmi ( dilengkapi foto lokasi dan luas bangunan minimal 5 x 20 meter ). Setelah persyaratan diatas lengkap baru diajukan ke Main Dealer Trio Motor Jl. Perintis Kemerdekaan No. 45 AA dengan nomor telepon 0511-3362111 yang ditujukan ke Technical Service Departement Trio Motor.

Setelah pengajuan ke Main Dealer kemudian Main Dealer akan melakukan survey tempat lokasi untuk melihat bangunan, potensial tempat dan potensial konsumen, jika main dealer merasa perlu untuk adanya AHASS dilokasi tersebut baru dilakukan kesepakatan bersama untuk proses pengerjaan standarisasi interior dan exterior AHASS.

Menurut Roezianto pemilik AHASS Mahadewi motor yang berada di Marabahan mengatakan bahwa potensi AHASS sangat besar apalagi di kota Banjarmasin yang mana penjualan selalu meningkat dan dimana 1 rumah tangga di Banjarmasin memiliki sepeda motor lebih dari satu yang tentunya perlu perawatan.

“Bisnis AHASS bukan franchise sehingga tidak ada yang namanya royalty fee atau keuntungan seluruhnya untuk pemilik bisnis AHASS. Kewajiban AHASS ke Honda juga tidak terlalu sulit hanya mengikuti kebijakan dan standart Operational Prosedure dari pemegang merk yaitu PT. Astra Honda Motor yang tiap propinsi diwakili oleh Main Dealer. Kebijakan itu tentunya demi kepuasan pelanggan dan kemajuan bisnis AHASS,” ujar Roezianto.