Home Informasi Artikel Makanan-Makanan ini Bisa Bikin Konsentrasi Meningkat saat Berkendara!

Makanan-Makanan ini Bisa Bikin Konsentrasi Meningkat saat Berkendara!

0 1058
Makanan-Makanan ini Bisa Bikin Konsentrasi Meningkat saat Berkendara!

Banjarmasin, welovehonda.com- Seperti pekerjaan sehari-hari yang perlu konsentrasi yang prima, berkendara pun perlu pikiran yang fokus terutama saat berpuasa seperti sekarang. Meleng sedikit, bisa fatal akibatnya. Makanya sebisa mungkin ketika berkendara jangan cuma fisiknya yang sehat, tapi pikirannya pun harus dalam kondisi prima juga nih Brosis!

Untuk menjaga konsentrasi tetap prima, bisa dengan istirahat yang cukup dan tidak memforsir pekerjaannya nih Brosis. Always keep smile dan selalu rileks dalam melakukan berbagai kegiatan cukup membantu juga nih biar pikiran selalu rileks dan enggak emosi. Terakhir, jaga pola makan teratur. Ada juga lho beberapa bahan makanan yang bisa bikin otak mudah berkonsentrasi dan dapat dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur.

Yang pertama adalah telur. Telur mengandung sembilan asam amino esensial—disebut esensial karena tubuh Anda tidak otomatis menghasilkannya, tapi otak membutuhkan kandungan tersebut. Dan, jangan membuang kuning telornya. Kuning telur mengandung choline dan lutein, yang memaksimalkan ingatan, konsentrasi, dan fungsi kognitif otak.

Brosis suka Yoghurt? Bukan hanya kombinasi protein dan kalsium yang bikin Brosis lebih fokus. Kandungan asam amino tyrosin dalam yogurt membantu produksi hormon saraf dopamin dan noraadrenalin—keduanya meningkatkan kewaspadaan dan ingatan. Selain itu yoghurt juga cocok sebagai minuman penunda lapar. Coba deh abisin segelas 200cc, dijamin kerasa penuh dan lupa sama laparnya.

Makanan lain yang bikin konsentrasi adalah Pisang. Kandungan potasium, mangan, vitamin C, dan serat yang tinggi dalam pisang membantu meningkatkan daya ingat. Pisang juga mengandung vitamin B6, yang membantu produksi serotonin, norepinephrine, dan dopamin untuk menambah konsentrasi.

Buah lain yang berkhasian menjaga konsentrasi dan kesehatan otak adalah alpukat! Memang alpukat tinggi kandungan lemak, tapi memiliki kolesterol tak jenuh. Kolestereol ini membantu mengurangi timbungan lemak berbahaya pada dinding arteri (pembuluh darah). Dengan begitu, darah dapat mengalir lancar dari jantung ke otak. Kerja otak pun jadi lebih maksimal. Bonusnya: alpukat memiliki kandungan serat tinggi (11-17 gram per buah) yang membantu mengurangi rasa lapar.

Terakhir, tentunya Brosis sudah tahu nih khasiat dari kafein. Tapi daripada minum kopi, ternyata minum teh lebih berkhasiat agar otak lebih konsentrasi! Di antara cokelat, kopi, dan soda, teh akan membantu Anda lebih fokus. Asam amino dalam teh (L-theanine) meningkatkan kewaspadaan, reaksi, dan ingatan.

Tapi harus diinget nih Brosis, segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik juga. Kalau makannya terlalu banyak sampai kekenyangan sih, ujung-ujungnya malah jadi ngantuk dan tentunya nggak baik jika ingin berkendara. So, bijaksanalah! Pastikan fisik dan mental Brosis sebelum berkendara ya. Jangan lupa juga perlengkapan berkendaranya harus lengkap. Patuhi aturan di jalan biar selamat sampai di rumah. Salam SatuHATI!

 

 

SIMILAR ARTICLES