Home Informasi Artikel Kelas Trio Motor, Persiapkan Difabel Hadapi Dunia Kerja

Kelas Trio Motor, Persiapkan Difabel Hadapi Dunia Kerja

0 278
Kelas Trio Motor, Persiapkan Difabel Hadapi Dunia Kerja

Banjarmasin – PT Trio Motor selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dibidang pendidikan khususg melalui program Kelas Trio Motor yang ditujukan untuk penyandang disabilitas (difabel) di Kota Banjarmasin. Memperhatikan banyaknya jumlah penyandang disabilitasl yang berada diusia produktif menjadi dasar pemikiran dilaksanakannya program Kelas Trio Motor yang bertujuan untuk memberikan mereka pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman bekerja secara formal di sebuah perusahaan.

Kelas Trio Motor menjadi program yang bertujuan untuk membekali para difabel  dalam menghadapi dunia kerja. Berbagai pelatihan baik soft skill maupun hard skill diberikan oleh PT Trio Motor kepada para kandidat yang lolos seleksi untuk program ini. Setelah dibekali dengan keterampilan, selanjutnya para peserta Kelas Trio Motor akan terjun langsung dalam program permagangan selam 6 bulan di jaringan Dealer Honda yang ada di Banjarmasin.

Joel Simanjuntak selaku Corporate Communication PT Trio Motor mengatakan bahwa Kelas Trio Motor bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk bekerja secara formal, karena menurutnya selama ini banyak difabel yang bekerja secara non-formal dan mendapatkan upah yang tidak proporsional. “Berdasarkan pengamatan kami dan dibantu juga oleh beberapa komunitas difabel, banyak mereka yang masih bekerja serabutan dan digaji secara tidak proporsional. Hal ini dikarenakan kesempatan dan pengalaman kerja yang tidak dimiliki oleh teman-teman difabel, karenanya kami melalui Kelas Trio Motor ingin memberikan keterampilan dan pengalaman itu serta mengenalkan mereka ke dunia kerja, juga memberikan motivasi bahwa mereka bisa dan siap untuk bersaing dengan orang-orang pada umumnya,” ucapnya.

Para peserta Kelas Trio Motor yang terpilih mendapatkan pelatihan softskill tentang pengembangan diri dan etos kerja karyawan oleh Divisi HRD Trio Motor, juga Kelas Trio Motor memberikan pelatihan keterampilan komputer sebagai bekal sebelum mereka menjalani masa magang di PT Trio Motor. Selain itu para peserta juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan, sertifikat keterampilan komputer, sertifikat pengalaman magang selama 6 bulan, dan uang saku sebesar dua juta rupiah per orang setiap bulannya.

Antonius Silitonga selaku Direktur Marketing PT Trio Motor juga menyampaikan pesan kepada para peserta Kelas Trio Motor untuk selalu semangat dan memanfaatkan kesempatan ini agar dapat menggali potensi diri yang mereka miliki. “Kami berharap teman-teman difabel dapat berusaha semaksimal mungkin dalam rangkaian program ini, agar mereka benar-benar bisa menjadikan diri mereka sebagai SDM yang profesional dan berkualitas dan siap menghadapi dunia kerja,” ucapnya.

Said salah satu peserta Kelas Trio Motor mengaku sangat senang dengan kesempatan yang diberikan melalui Kelas Trio Motor ini. “Saya sangat senang selama ini saya hanya bekerja mencuci sepeda motor karena saya tuli dan bisu, sehingga sangat susah untuk mendapatkan pengalaman pekerjaan kantoran, tetapi melalui Kelas Trio Motor saya jadi bisa merasakan bagaimana bekerja diperusahaan dan pihak penyelenggara juga benar-benar membantu kami selama masa pelatihan dengan menghadirkan juru bahasa isyarat sehingga pelajaran yang diberikan dapat kami terima dengan baik,” ucapnya.