Home Informasi Artikel Ini dia Faktor-faktor yang Bikin Cat Motor Cepat Kusam!

Ini dia Faktor-faktor yang Bikin Cat Motor Cepat Kusam!

0 1163
Vario 150 Black and White

Banjarmasin, welovehonda.com- Punya sepeda motor yang terlihat ciamik pastinya bikin Brosis seneng nih. Gimana nggak, saat nongkrong bersama kawan-kawan bisa bikin bangga. Tapi kalau motor enggak dirawat sih, kadang suka bikin malu sendiri nih. Apalagi kalau udah dicuci tetep keliatan kumal. Akibatnya sih gara-gara cat motor yang kusam!

Cat sepeda motor juga perlu dirawat agar tidak menjadi kusam yang dapat mempengaruhi tampilan sepeda motor anda. Selama ini dalam merawat motor kita mungkin lebih fokus pada bagian mesin saja, karena memang merupakan hal paling pokok dalam sebuah kendaraan. Namun, mulai sekarang tidak ada salahnya kita meningkatkan perawatan dengan cara menjaga kualitas warna cat agar motor selalu terlihat baru dan bersih.

Ini dia beberapa factor yang bisa bikin cat motor Brosis jadi kusam. Yuk kita jabarin satu per satu Brosis!

  1. Parkir dibawah terik sinar matahari.  Ada baiknya bro/sist memarkir motor di dalam ruangan, atau kalau terpaksa harus parkir di ruang terbuka, kita memilih tempat yang beratap minimal terhindar dari sinar matahari langsung. Selain itu juga perlu bro/sist perlu menghindari sepeda motor dengan angin, karena debu yang bercampur panas terik dapat merusak lapisan pelindung cat yang menjadi penyebab warna menjadi kusam.
  2. Air hujan. Di daerah perkotaan, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam. Tentunya berpengaruh ke cat motor Brosis nih.  Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti  pada mesin dan sasis. Apabila terlanjur kena air hujan, adabaiknya kita cepat-cepat membilasnya dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.
  3. Penggunaan Zat Kimia yang aneh-aneh juga bikin cat motor jadi cepat kusam, misalnya dengan memoles bodi motor. Bukannya nggak boleh nih memoles bodi motor, tapi pastikan poles motor yang Brosis pakai yang teruji dan memang kualitasnya bagus. Salah-salah pilih karena nyari yang murah, efek jangka panjangnya malah bikin motor jadi kusam. Pengen untung malah buntung namanya!
  4. Jarang mencuci motor juga jadi salah satu factor yang bikin cat motor Brosis jadi cepat kusam. Jangankan motor deh, orang yang jarang mandi pastinya jadi terlihat kusam juga! :P
  5. Terakhir, Brosis harus hati-hati dengan yang namanya minyak rem. Cairan ini memang penting fungsinya dalam fungsi pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu musuh cat nih. Kalau pas lagi ngoprek motor  di bengkel dan tak sengaja ada cipratan minyak rem di bodi motor, harus langsung cepat-cepat dibilas!

Nah sekarang Brosis udah tahu nih beberapa penyebab cat motor jadi cepat kusam. Jadinya sekarang bisa dihindari biar motor terus enak dilihat. :D