Home Informasi Event Honda Sumbang 6 Sepeda Motor Premium untuk SMK Kalselteng

Honda Sumbang 6 Sepeda Motor Premium untuk SMK Kalselteng

0 1321
Penyerahan Bantuan Sepeda Motor Premium Honda untuk 6 SMK Kalselteng

Banjarmasin- Dalam rangka mendukung pengembangan keterampilan otomotif di kalangan generasi muda, PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Trio Motor (main dealer Honda wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah) mendonasikan 6 unit sepeda motor untuk 6 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah yakni SMKN 1 Daha Selatan, SMKN 1 Sungai Tabuk, MAN 2 Model Banjarmasin, SMK Karsa Mulya Palangkaraya, SMKN 1 Palangkaraya dan SMKN 2 Sampit.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan pada Selasa, 16 Juni 2015. Acara yang berlangsung di Trio Motor Perintis ini dihadiri oleh Gusnanda selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyudin Noor selaku perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Selata, Antonius Silitonga selaku General Manager Marketing PT Trio Motor dan Mansyur Mei Bahar selaku Manager Technical Service Department PT Trio Motor.

General Manager Marketing PT Trio Motor, Antonius Silitonga mengatakan penyerahan bantuan sepeda motor ini merupakan salah satu bagian dari dukungan perusahaan terhadap kemajuan dunia pendidikan yang dilakukan melalui pengembangan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM Honda) untuk SMK.

Pengembangan KTSM Honda ini merupakan bagian dari upaya AHM dalam mendukung implementasi kebijakan pemerintah tentang adanya kerjasama SMK dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) seperti yang tertuang dalam Keputusan Mendikbud Nomor 0490/1992. Dengan kurikulum ini, perusahaan berharap dapat berkontribusi meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja (link and match program) .

“Kami berharap bantuan kali ini yang merupakan sepeda motor kelas premium seperti CBR 250R, CBR 150R dan PCX akan bermanfaat untuk medukung pelaksanaan praktik KTSM Honda di setiap SMK sehingga generasi muda Indonesia dapat menunjukkan kompetensinya di dunia usaha, khususnya di industri otomotif roda dua,” ujarnya.

KTSM Honda ini dirumuskan dengan memadukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi Pelatihan Mekanik Tingkat 1 (PMT1) Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Dengan materi KTSM Honda ini, diharapkan pembelajaran tentang teknik sepeda motor terhadap siswa SMK yang menerapkan kurikulum ini akan lebih terarah sebagai mekanik yang berkualitas.

Secara nasional, pengembangan KTSM Honda untuk SMK ini memasuki tahun kelima. Sebelumnya, program ini diterapkan di beberapa SMK di wilayah Jabotabek, Aceh, Batam, Bukit Tinggi, Payakumbuh, Pinrang (Sulsel), Pontianak, Semarang, Surabaya, Bandung, Kuningan, Lampung, dan Jayapura.

Untuk mendukung implementasi program ini di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, PT Trio Motor telah melakukan beberapa program seperti pelatihan untuk Guru-guru SMK dan sinkronisasi kurikulum teknik sepeda motor Honda. Main dealer Honda untuk kawasan Kalimantan Selatan dan Tengah ini juga mempersiapkan siswa magang di AHASS dan memberikan perlengkapan perbengkelan sesuai standar minimal AHASS, dan buku pedoman reparasi dan Parts Catalog.

“Kami berusaha dapat mengantarkan generasi muda untuk mewujudkan mimpi mereka di bidang teknik otomotif. Kami berharap bantuan ini dapat menambah semangat para pelajar dalam melakukan praktek teknik sepeda motor Honda di sekolahnya “ tutup  Antonius.

 

SIMILAR ARTICLES

RLP Honda Genio dan ADV 150

0 1198