Home Informasi Event AHM Kembali Wadahi Kreatifitas Modifikator pada HMC 2015

AHM Kembali Wadahi Kreatifitas Modifikator pada HMC 2015

0 1
trio motor

Banjarmasin – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Honda Modif Contest (HMC) untuk mewadahi aspirasi kreatifitas modifikator Indonesia. Tiga jawara modifikasi sepeda motor Honda terbaik dalam ajang ini akan mendapat kesempatan memperkaya kompetensi modifikasinya pada ajang Mooneyes Yokohama Hot Rod Custom Show di Jepang.

HMC secara konsisten digelar AHM sejak tahun 2009 dengan menggandeng ratusan modifikator berbakat Tanah Air setiap tahunnya. Tahun ini, HMC 2015 yang mengusung tema “We Create, We Ride” mulai dibuka di kota Banjarmasin pada 18-19 April 2015. Gelaran ini juga digelar di berbagai kota besar Indonesia lainnya, seperti Palembang (25-26 April), Pekanbaru (9-10 Mei), Bandung (23-24 Mei 2015), Solo (30-31 Mei), Denpasar (13-14 Juni), Surabaya (1-2 Agustus), Makassar (5-6 September), dan ditutup dengan gelaran akbar kontes modifikasi pada final battle HMC 2015 di Yogyakarta pada Oktober tahun ini.

Kota Banjarmasin menjadi kota pertama penyelenggaraan HMC 2015. Bekerjasama dengan PT Trio Motor selaku main dealer Honda untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, gelaran tahun kedua HMC di kota Seribu Sungai ini selalu mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta yang banyak setiap tahunnya. Pada tahun 2014, peserta yang mengikuti HMC adalah sebanyak 130 peserta. Sementara untuk tahun ini ada sebanyak       peserta yang siap untuk memperlihatkan modifikasi terbaiknya.

Event ini sendiri bertujuan untuk mewadahi ragam aspirasi konsep modifikasi, para modifikator dapat memilih salah satu dari 13 kategori HMC 2015, yakni 11 kategori untuk motor tahun produksi di atas 2006 (Matic Stock / Bolt On, Scoopy Stock / Bolt On, Matic Advance, Sport Fairing, Sport Naked, Matic Racing Style, Cub and Sport Racing Style, Airbrush Graphic, Airbrush Realist / Cartoon, Stikers and Decals, serta Free For all) dan 2 kategori untuk motor tahun produksi di bawah 2006 (Choppy Cub dan Free For All).

AHM memastikan motor yang dimodifikasi ini aman dikendarai. Dalam kriteria penilaian, AHM memasukkan syarat wajib uji coba kelayakan jalan sejauh 300m.  Tes jalan ini merupakan salah satu poin penilaian penting di samping ide / konsep, fungsi, estetika, finishing dan detail dari motor yang dimodifikasi.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra mengatakan kontes modifikasi Honda merupakan upaya konsisten AHM untuk membantu generasi muda Indonesia berkreasi mewujudkan mimpi kreatifnya di atas sepeda motor. Dalam membantu mengembangkan karya anak bangsa, AHM pun tetap menempatkan keselamatan berkendara sebagai salah satu hal penting dalam memodifikasi sepeda motor.

“Kami mengedepankan unsur safety sebagai salah satu edukasi modifikasi motor dalam kontes ini. Jadi motornya tidak hanya harus baik secara estetika dan teknik modifikasi, tapi juga harus aman dan layak dikendarai di jalan raya,” ujar Indraputra.

Pada ajang lomba modifikasi ini, para modifikator HMC 2015 ini memperebutkan hadiah dengan total nilai lebih dari Rp650 juta. Dari gelaran di 8 kota besar, AHM akan memilih satu pemenang pada setiap kategori untuk dikompetisikan kembali di ajang akbar Final Battle HMC 2015. Selanjutnya akan dipilih 3 orang pemenang terbaik sebagai pemenang nasional dengan 3 kategori yakni Matic, Cub and Sport, serta Free For All.

Tiga jawara HMC 2015 terbaik akan mendapat kesempatan mengasah kemampuannya dengan menimba pengalaman dari para modifikator papan atas negara-negara Asia pada ajang modifikasi Mooneyes Yokohama Hot Rod Custom Show di Jepang. Gelaran ini merupakan salah satu festival motor modifikasi bergengsi di Asia yang diikuti oleh berbagai modifikator ternama berprestasi dunia.  Melalui sarana studi banding ini, AHM berupaya memberikan inspirasi kepada para modifikator Indonesia dalam berkreasi dengan sepeda motor Honda.

Hajatan tahunan para modifikator Tanah Air ini menyuguhkan tontonan menarik bagi masyarakat sekitar yang bisa menyaksikan dari dekat ragam modifikasi sepeda motor Honda yang dipajang berjajar di area terbuka. Tahun ini, HMC juga mengusung konsep baru yang semakin meriah dengan adanya gelaran bazaar, hiburan band lokal, lomba foto, permainan interaktif, serta gathering komunitas sepeda motor Honda. Selain itu, masyarakat juga dapat mengikuti test ride motor baru Honda yang dibuka sepanjang acara.

HMC 2015 didukung oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda yakni Trio Motor, PT Astra International Tbk – Honda (Astra Motor) Palembang, PT Daya Adicipta Mustika, PT Capella Dinamik Nusantara, Astra Motor Semarang, Astra Motor Denpasar, PT Mitra Pinasthika Mulia, Astra Motor Makassar dan Astra Motor Yogyakarta.

“Kami berharap HMC dapat memberikan inspirasi masyarakat untuk melakukan modifikasi sepeda motor Honda kesayangannya dan menciptakan lebih banyak lagi modifikator-modifikator berbakat yang dapat memberikan kebanggaan untuk bangsa ini,” ujar Indraputra.

Antonius Silitonga selaku General Manager Marketing PT Trio Motor menambahkan bahwa event HMC sendiri sudah ditunggu oleh banyak modifikator di Kalimantan Selatan dan Tengah. Banyak modifikator yang terpacu untuk mengikuti event ini dikarenakan keberhasilan dari salah satu modifikator wakil Banjarmasin yang berhasil menjadi pemenang di Honda Modif Contest 2014 Final Battle di Surabaya.

“Saiful salah satu modifikator asal kota Banjarmasin dengan Honda Beatnya berhasil menjadi salah satu pemenang di tingkat Nasional. Keberhasilan Saiful menjadi motivasi bagi modifikator Banua lainnya untuk dapat melahirkan karya yang lebih baik lagi. Semoga kesuksesan tahun lalu dapat diulangi tahun ini bahkan bisa ditingkatkan,” tutup Antonius.